Selasa, 18 Juni 2013

Analisis Jurnal


Tugas eksperiment
Analisis jurnal

Johanna Natalia
2008
Preferred Music Anxiety, and pregnant women
Anima, Indonesian psychological Journal

variable Penelitian
Variabel bebasnya: music
Variabel terikatnya: kecemasan ibu hamil
Definisi Operational
Musik
Music digunakan sebagai terapi yang efektif mengurangi kecemasan pada kehamilan remaja. terapi music membuat hubungan baik antara ibu dan anak yang ada dikandungannya. Terapi music juga untuk mempersiapkan wanita untuk kuat saat melahirkan nanti.
Kecemasan Ibu Hamil:
Perasaan takut yang dialami oleh wanita Hamil. Pada umumnya ketakutan ini tentang masa depan. Mereka memikirkan rasa sakit saat kelahiran,rasa sakit saat air ketuban pecah, rasa takut aka rumah sakit, dan kondisi bayi setelah kelahiran, dan rasa ketakutan karean mungkin mereka akan banyak berada dirumah untuk mengurusi bayi mereka dan berhenti bekerja dan kehilangan hubungan dengan parnert kerja mereka.
Gambaran subjek penelitian
Subjek dalam penelitian ini adalah ibu hamil dengan usia kehamilan minggu 33 sebanyak 59 ibu hamil, di BKIA RS.Katholic St.Centius Paulo Surabaya, Indonesia. Subjek dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok eksperimen 30 ibu hamil, kelompok control 29 ibu hamil.

Gambarkan proses eksperiment yang dilakukan
Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh music yang disukai terhadap kecemasan ibu hamil sejak usia kehamilan minggu ke-33 sampai dengan persalinan.
waktu eksperimen: 3 kali per minggu dengan 30 menit per pertemuan dari 33 minggu kehamilan sampai kelahiran.
cara eksperimen:  penelitiaan ini menggunakan 50 subjek yaitu ibu hamil yang ada di BKIA RS.Katholic St.Centius Paulo Surabaya, Indonesia. Dengan pemilihan subjek secara random/acak. Dibagi menjadi Dua grup (kelompok eksperiment dan kelompok control) diberi pre test dan post test. Hasil dari test tersebut kemudian dibandingkan dan dianalisis dengan at-test,ANOVA, dan Sign Test. Kelompok eksperimen terdiri dari 30 subjek dengan pemberian perlaku (didengarkan music yang disukai) 3 kali per minggu selama 30menit, dalam 33 minggu. Kelompok control terdiri dari 29 subjek dengan hanya melakukan pertemuan saja tanpa perlakuan. Kelompok control melakukan pertemuan dua kali per minggu. Pertemuan waktunya disamakan dengan waktu mereka melakukan midwives. Jadwal untuk kelompok control adalah hari rabu jam 07.00-08.00 am dan untuk jadawal kelompok eksperiment adalah hari jum’at jam 07.00-08.00 am.
 alat yang digunakan : dalam menghitung taraf kecemasan ibu hamil penelitian ini menggunankan (STAI) State trait anxiety inventory. Dan untuk menganalisa data hasil tes menggunakan at-test,ANOVA, dan Sign Test.
pelaksana eksperimen: Johanna Natalia
Kapan pelaksanaan pengukuran: Pengukuran ini diberikan enam kali pada minggu ke 33,34,35,36,37,38 masa kehamilan dan tiga kali pada rapat grup.
evaluasi
kelebihan
Penelitian ini menarik karena peneliti menyajikan music untuk mengatasi kecemasan wanita hamil.
kelemahan
Seharusnya waktu yang dilakukan pada kelompok control dan eksperimen itu sama. Walaupun kelompok control tidak diberi perlakuan.
Dalam pemberian perlakuan, peneliti tidak menentukan jenis music apa yang digunakan untuk eksperiment. Hanya menyebutkan music yang disukai saja. Jenis music memiliki efek yang berbeda-beda. Dan hal ini bisa mempengaruhi validitas internal penelitian itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar