Jumat, 19 April 2013

PROPOSAL PENELITIAN PENGARUH KECEMASAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA UIN MALIKI MALANG


BAB I
PENDAHULUAN
I.              Latar Belakang
Prestasi belajar dalam suatu system akademik merupakan hal yang penting untuk mencapai nilai yang maksimal. Prestasi belajar inilah yang dijadiakan sebagai tolak ukur kemampuan seseorang secara kasat mata.  menurut Nurkencana (1986 : 62) mengemukakan bahwa prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai atau diperoleh anak berupa nilai mata pelajaran. Ditambahkan bahwa prestasi belajar merupakan hasil yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari aktivitas dalam belajar. Dalam pencapaian prestasi belajar ada beberapa factor yang harus ada pada diri seseorang, Factor-faktor ini bisa berasal dari dalam dirinya sendiri dan lingkungan. Ketika salah satu factor ini tidak terpenuhi, akan timbul sebuah kecemasan pada diri pelajar tersebut.
Kecemasan merupakan hal yang normal terjadi pada setiap individu, reaksi umum terhadap stress kadang dengan disertai kemunculan kecemasan. Namun kecemasan itu dikatakan menyimpang bila individu tidak dapat meredam (merepresikan) rasa cemas tersebut dalam situasi dimana kebanyakan orang mampu menanganinya tanpa adanya kesulitan yang berarti. Kecemasan  setiap individu memiliki reaksi yang berbeda dalam menanggapi kecemaan mereka. Kecemasan adalah ketakuta yang tidak nyata, suatu perasaan terancam sebagai tanggapan terhadap sesuatu yang sebenarnya tidak mengancam ( sobur, 2009)
Menurut teori Psikodinamika kecemasan muncul saat keinginan Id menuntut pelepasan dari ego. Antara Id yang ingin pelepasan dan sangsi dari super ego, dengan potensi yyang tetap tak terpengaruhi oleh waktu, sering tidak realistic dan dibesar-besarkan. Tekanan ini akan akan muncul kepermukaan melalui tiga peristiwa, yaitu: sensor super ego menurun, desakan Id meningkat dan stress psikososial, maka lahirlah kecemasan. (prawirohusodo,1988)
Seorang bernama Nana (nama disamarkan). Seorang mahasiswa baru UIN Maliki Malag jurusan AS. Tahun ini adalah tahun pertama dia memasuki jenjang kuliah sekaligus tahun pertama dia jauh dari keluarga. Dia belum bisa beradaptasi dengan lingkungannya yang baru. Dia selalu merasa tidak betah berada di lingkungannya sekarang. Dia merasa minder dan takut terhadap lingkungannya yang baru. Akhirnya dia tidak mampu mengikuti tuntutan academic kampus ini.
Kasus diatas merupakan salah satu contoh kasus kecamasan yang dialami mahasiswa baru UIN Maliki Malang sehingga membuat prestasi belajarnya tidak maksimal. Munculnya berbagai kecemasan yang dialami mahasisiwa baru ini, merupakan sesuatu yang tak dapat dihindari. Dengan berbagai alas an, dengan berbagai factor, kecemasan ini bisa datang kepada siapa saja. Dengan adanya fenomena diatas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh kecemasan yang dialami Mahasiswa baru UIN MALIKI Malang terhadap prestasi belajar mereka. Sehingga penelitian ini diberi judul “Pengaruh Kecemasan (Lingkungan Baru) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Baru UIN MALIKI Malang”.
II.           Rumusan Masalah
         Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan masalah yang akan diteliti sebagai berikut:
1.    Bagaimana tingkat kecemasan lingkungan baru pada Mahasiswa Baru UIN Maliki Malang?
2.    Bagaimana tingkat prestasi belajar Mahasiswa Baru UIN Maliki Malang?
3.    Bagaimana pengaruh kecemasan lingkungan baru terhadap prestasi belajar Mahasiswa Baru UIN Maliki Malang?
III.        Tujuan Penelitian
1.    Mengetahui tingkat kecemasan lingkungan baru  Mahasiswa Baru UIN Maliki Malang.
2.    Mengetahui tingkat prestasi belajar Mahasiswa Baru UIN Maliki Malang.
3.    Mengetahui pengaruh kecemasan lingkungan baru terhadap prestasi belajar Mahasiswa Baru UIN Maliki Malang.
IV.        Manfaat Penelitian
Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memebrerikan beberapa manfaat antara lain:
1.    Manfaat Teoritis
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi terhadap kajian akademis sekaligus sebagai masukan bagi peneliti lainnya, sehingga dapat dijadikan referensi bagi peneliti lain. Selain itu penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan pengetahuan tentang fenomena kecemasan yang sering dihadapi mahasiswa baru yang mempengaruhi prestasi belajar mereka.  
2.    Manfaat Praktis
a)    Sebagai bahan masukan bagi pihak UIN,kususnya pihak pengasus Mahad dan dosen pengajar. Agar mahasiswa lebih bisa merasakan kenyamanan dan tidak mengalami kecemasan menghadapi lingkungan barunya.
b)   Sebagai bahan wacanan dan dikusi bagi para mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang, serta bagi para orang tua dan masyarakat.
c)    Sebagai bahan  Kajian untuk penelitian selanjutnya dengan tema yang sama.

oleh : Hikmah Nurjannah, Indra Rakhmawati, Nurul Mufidah ,Maimuna yusuf , Juandra Prisma Mahendra (mahasiswa Psikologi UIN Maliki Malang angkatan 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar